Panduan Keamanan


KOP-AJA selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk menjamin keamanan dan kenyamanan Anda dalam berinvestasi.
Namun, tidak ada salahnya untuk lebih waspada. Yuk simak tips berikut ini agar Anda semakin aman dan nyaman dalam berinvestasi.

1. Jangan Sembarangan Klik Link
Setiap investor KOP-AJA pasti mengharapkan keuntungan dan kemudahan dalam melakukan transaksi berinvestasi dengan aman dan nyaman. Tetapi bagaimana jika akun investor bisa di-hack, disalahgunakan dan dikuasai oleh pihak yang tidak bertanggung jawab?
Tentu hal tersebut bisa saja terjadi apabila investor tidak menyadari bahwa tindakan yang sebelumnya telah dilakukan malah merugikan diri sendiri. Lalu bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Salah satunya adalah saat investor secara sembarangan mengakses atau klik link yang dikirimkan oleh pihak lain atau yang umumnya disebut sebagai modus penipuan phishing.

Mengenali modus penipuan phishing
a. Mengenali modus penipuan phishing sebenarnya cukup mudah untuk dipelajari, investor hanya perlu memastikan dua hal berikut ini saat menerima pesan dari pengguna lain, baik melalui fitur chat, SMS, BBM, Facebook Messenger dan fitur chat lainnya.

b. Apakah situs yang Anda klik diawali dengan http://? Jika tidak terdapat huruf “s” maka dapat dipastikan situs tersebut tidak terjamin keamanannya. Contoh: situs resmi KOP-AJA selalu menggunakan “s” https://www.kop-aja.com

c. Apakah situs yang Anda klik meminta mengisi data berupa: email, username, password atau kode verifikasi? Apabila iya, maka dapat dipastikan bahwa situs tersebut berbahaya dan dapat mengakibatkan akun investor dikuasai oleh orang lain.

Situs phishing tidak selalu memiliki tampilan seperti situs aslinya, dapat menyerupai tampilan situs lain yang sama sekali berbeda.
Kami sarankan jangan sembarangan mengakses link yang dikirimkan oleh orang lain dan jangan mudah tertipu dengan modus pishing.

Apabila terdapat pesan yang mencurigakan, silahkan segera laporkan ke customer service KOP-AJA di kop-aja.com/contact-us agar segera kami tindak lanjuti.


2. Modus Penipuan Lewat SMS
Penipuan bisa terjadi melalui berbagai media, salah satu media yang dapat digunakan adalah melalui sistem layanan “Short Message Service” atau yang umum disebut SMS. Pelaku dalam hal ini akan mengirimkan informasi tertentu ke nomor ponsel Anda yang berisikan arahan agar segera mengakses link tertentu.
Untuk mengantisipasi penipuan dengan modus SMS ini, ada dua hal penting yang perlu diketahui oleh setiap investor Kop-Aja yaitu:

a. Jangan langsung percaya isi SMS dari nomor yang tidak dikenal walaupun bersifat penting (urgent).

b. Jangan sembarangan mengakses link yang ditampilkan pada SMS tersebut.

Apabila Anda mendapatkan SMS dari nomor tidak dikenal denga isi pesan yang mencurigakan segera laporkan ke customer service KOP-AJA di kop-aja.com/contact-us agar segera kami tindak lanjuti, dan apabila Anda terlanjur mentransfer sejumlah uang kepada yang mengirimkan SMS diatas, segera informasikan ke Customer Service untuk melakukan pembatalan transaksi.

Perlu diketahui juga, penipu dapat mengirimkan pesan tersebut melalui WhasApp, BBM, Line ataupun aplikasi chat lainnya. Untuk mengenali sedari dini pesan penipuan dapat menyelamatkan investor dari pihak lain yang tidak bertangung jawab.

3. Pentingnya Kode Verifikasi
Salah satu fitur keamanan yang disediakan oleh KOP-AJA untuk melengkapi investasi dengan aman dan nyaman dikenal dengan fitur “One Time Password” (OTP). Atau biasa yang disebut dengan kode verifikasi yang dikirimkan via SMS.

Fitur OTP berfungsi untuk mengamankan akun investor dari kemungkinan hack dan tindakan penyalahgunaan akun untuk kepentingan lain. Kode yang dikirimkan lewat SMS bersifat pribadi dan rahasia.

Jika ada pihak lain yang meminta kode verifikasi segera laporkan ke customer service KOP-AJA di kop-aja.com/contact-us agar segera kami tindak lanjuti.

4. Waspadai Akun Palsu
KOP-AJA memiliki sejumlah akun sosial media resmi yang bisa dihubungi oleh setiap investor, baik untuk bertanya maupun untuk mengikuti kabar terbaru dan informasi penting lainnya, antara lain:
a. Facebook    : kop-aja
b. Twitter         : @kopaja_union
c. Instagram    : kopaja.kreditunion

Apabila Anda tidak dapat membedakan akun resmi dan akun palsu, investor dapat mengalami penipuan dengan konsekuensi:
a. Akun Anda tidak dapat diakses dengan normal karena telah diambil alih oleh orang lain.
b. Saldo dikuras tanpa sepengetahuan pemilik akun.
c. Data pribadi terekspose dan disalahgunakan untuk kejahatan cyber crime

Jika Anda dihubungi oleh pihak-pihak yang mengatas namakan sebagai KOP-AJA, harap laporkan ke customer service KOP-AJA di kop-aja.com/contact-us agar segera kami tindak lanjuti.